Kamis, 07 Maret 2013

Laksmane Raja Di Laut


Mungkin tak asing lagi ditelinge Iyeth Bustami LAKSMANE RAJA DI LAUT. Laksmane merupakan gelar sekaligus titah dari kerajaan Siak untuk menjaga di pesisir pantai Selat Malake.
Konon Datuk / Encik Ibrahim yang di sebut – sebut Datuk Laksmane Raja Di Laut I yang berkuase pada tahun 1767 – 1807 M. Ade empat datuk yang memerintah di Bukit Batu tige penerusnye adalah Datuk Khamis, Datuk Abdullah Shaleh Datuk 1 Ali Akbar. Mereke digelar Datuk Laksmane II sampai IV.
Rumah datuk laksmane IV, Laksmane Ali Akbar terletak di Desa Sukajadi, sekitar 30 kilometer dari kota Sungai Pakning, Bengkalis – Riau. Rumah peninggalan laksmane seperti rumah adat / rumah tradisi di Riau. Berbentuk panggung dengan motif – motif melayu dibeberape ornamen bangunannye
Banyak kisah – kisah “MISTIS” yang diungkap oleh warga setempat, terutame “HARIMAU JADI – JADIAN”, “BUAYE PENUNGGU” dan lain – lain. ini terkait sumpah 100 tahun yang keramat. Nilai mistisnye menjadi penarik faktor penghambat bagi sebagian orang yang penasaran dengan makam laksmane raja di laut.
Tidak jauh dari rumah laksmane raja di laut akan terlihat due makam laksmane III dan IV. Kedue makam ini terletak dibelakang mesjid Jami’ Al – Haq. Mesjid tue peninggal pare laksmane dulunye

Sumber : Yong Dolah (Celoteh dan Humor Melayu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar